Sejarah Kerajinan Gerabah Di Indonesia

Sejarah Gerabah – Gerabah adalah tembikar/perkakas yang bisa digunakan sebagai tempat menyimpan makanan dan minuman, selain itu gerabah juga bisa dijadikan sebuah hiasan taman ataupun kamar karena memiliki bentuk dan juga penampilan yang menarik.

Jika sebelumnya kita sudah belajar pengertian gerabah, maka di artikel kali ini kita akan membahas tentang sejarah gerabah.

Sejarah Gerabah

Gerabah ada sejak massa pra sejarah, ketika manusia sudah hidup menetap dan mulai mencoba bercocok tanam atau berkebun. Diberbagai situs arkeologi di indonesia, sudah banyak sekali ditemukan tembikar yang digunakan sebagai perkakas Rumah Tangga, Acara Adat, Upacara Pemakanan dan lain sebagainya. Tembikar tersebut memiliki berbagai macam bentuk ada yang bulat dengan adonan kasar, kotak penuh sidik jari dan lain-lainnya. Selain itu banyak juga yang memiliki bentuk yang tidak simetris.

Ada beberapa sumber yang menyatakan jika gerabah sendiri pertama kali ditemukan di massa Neolitik atau 10.000 tahun sebelum masehi di benua eropa. Akan tetapi ada juga sumber lain yang menyatakan gerabah sendiri ada sejak akhir massa Paleolitik atau sekitar 25.000 tahun sebelum masehi di timur tengah.

Apabila kita melihat sejarah gerabah menurut para ahli kebudayaan, maka gerabah sendiri adalah kebudayaan yang menyeluruh (Universal). Artinya gerabah sendiri ditemukan diberbagai belahan dunia, selain itu penemuan dan perkembangannya juga berbeda di setiap tempat. Oleh karena itu di setiap daerah atau tempat pasti memiliki teknik pembuatan gerabahnya sendiri-sendiri.

Nah itu dia penjelasan singkat mengenai sejarah gerabah yang bisa admin bagikan kali ini. Semoga artikel admin ini bisa menambah wawasan kamu tentang gerabah.

Jika ada pertanyaan seputar sejarah gerabah, langsung saja tanyakan dikolom komentar ya. Terimakasih sudah berkunjung

You May Also Like

About the Author: Santo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *