Software Produksi Musik Gratis Terbaik Untuk Pemula

Baik Anda memulai produksi musik sebagai hobi atau berencana untuk menjadi superstar DJ berikutnya, yang terbaik adalah memulai dengan perangkat lunak produksi musik gratis. Kemudian, ketika Anda berevolusi menjadi pengguna tingkat lanjut, Anda dapat beralih ke opsi premium yang memberi Anda lebih banyak kebebasan dan beragam alat yang lebih besar.

Pada artikel ini kami telah memilih beberapa perangkat lunak pembuat musik gratis terbaik untuk pemula.

GarageBand

Ketika datang ke perangkat lunak pembuat musik ramah-pemula, GarageBand adalah pilihan bebas nomor satu. Sangat mudah untuk mengunduh dari Mac App Store, dan bahkan mengajarkan musisi pemula cara menggunakan beberapa alat yang ampuh.

GarageBand juga menjadi salah satu platform termudah untuk membuat musik yang hebat. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat lagu hingga 255 lagu dan bahkan menawarkan drummer sesi virtual.

Namun, bahkan dengan semua kesederhanaan visualnya, GarageBand bisa agak menakutkan bagi pemula. Jika Anda menemukan perangkat lunak produksi musik gratis ini agak luar biasa

Untuk mempercepat proses pembelajaran Anda, kami sarankan untuk menginstalnya di semua perangkat Anda (Mac, iPhone, dan iPad). ICloud memberi Anda fleksibilitas untuk bekerja pada musik Anda di mana pun Anda berada atau perangkat mana yang Anda gunakan.

Jika pada titik tertentu Anda merasa sudah kehabisan perangkat lunak gratis, Anda dapat mentransfer semua file GarageBand Anda ke penawaran produksi musik premium Apple: Logic Pro.

Unduh: GarageBand untuk macOS (Gratis)

DarkWave Studio

Alternatif bagi pengguna PC, DarkWave Studio adalah perangkat lunak produksi musik gratis yang mendukung Windows 7 atau lebih baru. Tidak perlu banyak penyimpanan, yang sempurna jika Anda berencana untuk menggunakan perangkat lunak gratis untuk membuat musik di laptop (Baca Laptop Terbaik Untuk Membuat Musik).

Meskipun DarkWave Studio gratis, ada beberapa iklan dalam aplikasi yang perlu Anda pasang.

PALING VIRAL  Cara Mengunduh Game Flash Untuk Dimainkan Secara Offline

Perangkat lunak produksi musik ini dilengkapi dengan:

  • Studio Virtual
  • Editor Pola
  • Editor Urutan
  • Perekam Hard Disk Multitrack

Pilih dan edit pola musik digital menggunakan Editor Pola. Editor Urutan memungkinkan Anda untuk mengatur pola untuk bermain dalam pengaturan apa pun dan menggabungkan trek. Dan Hard Disk Recorder mencakup opsi perekaman untuk audio live.

DarkWave Studio juga menyertakan 19 plug-in yang berbeda, yang dapat Anda gunakan untuk menambahkan efek virtual ke trek Anda.

Dengan banyaknya opsi dan pengaturan di jendela terpisah, DarkWave Studio mungkin tampak agak sulit digunakan pada awalnya. Namun, Anda dapat menemukan banyak tutorial dan dukungan online, menjadikan ini salah satu program perangkat lunak pembuatan musik gratis terbaik untuk pemula.

Unduh: DarkWave Studio untuk Windows (Gratis)

Audacity

Berbeda dengan perangkat lunak yang sudah kita bahas, Audacity adalah editor audio digital, bukan workstation audio digital. Tujuan utamanya adalah memanipulasi data audio daripada membantu Anda mengatur trek audio yang berbeda menjadi satu kesatuan yang koheren.

Audacity memungkinkan Anda mengedit sampel, memproses file audio, dan mengekspor musik sebagai beragam format, termasuk MP3, WAV, atau AIFF. Sangat bagus jika Anda mencari perangkat lunak produksi musik gratis untuk mengumpulkan ketukan dan sampel untuk lagu.

Antarmuka mudah digunakan, namun pada saat yang sama, berbagai efek dan pengaturan bisa jadi sulit untuk membungkus kepala Anda. Mungkin Anda perlu beberapa hari untuk merasa nyaman dengan semuanya.

Audacity tersedia untuk diunduh di Windows, macOS, dan Linux. Ini adalah salah satu opsi perangkat lunak produksi musik paling populer dan cara yang bagus untuk memulai membuat musik secara gratis.

LMMS

LMMS (yang dulu merupakan kepanjangan dari Linux MultiMedia Studio) adalah perangkat lunak produksi musik lintas-platform, tersedia di macOS, Windows, dan Linux. Ini cocok untuk semua jenis produksi musik dan merupakan pilihan perangkat lunak gratis yang bagus untuk pemula.

LMMS memiliki beberapa jendela berbeda untuk membantu Anda membuat musik. Edit melodi di Piano Roll dan buat bagian irama dengan Beat + Bassline Editor. Dapatkan ikhtisar struktur Anda di Editor Lagu, lalu campur semuanya dengan FX Mixer. Anda bahkan dapat mengotomatiskan efek dan volume menggunakan Editor Otomasi.

PALING VIRAL  5 Aplikasi Peredam Kebisingan Terbaik untuk Android dan iOS

LMMS memiliki beragam instrumen synthesizer, jadi perangkat lunak yang hebat untuk membuat musik gratis.

Di antara kualitas baik LMMS lainnya adalah kompatibilitasnya dengan aplikasi pihak ketiga. Program ini mendukung plug-in VST dan LADSPA dengan mana Anda dapat mencampur banyak efek tambahan ke trek musik.

Ketika musik Anda siap, ekspor sebagai MP3, AIFF, dan WAV, atau transfer file ke perangkat lunak produksi musik yang berbeda.

Tracktion T7

Tracktion T7 pernah menjadi perangkat lunak produksi musik premium. Daripada menjatuhkan T7 ketika perangkat lunak berikutnya keluar, Tracktion memutuskan untuk memberikannya sepenuhnya gratis, menjadikannya salah satu opsi yang paling penuh fitur pada daftar ini.

Tidak ada batasan trek, batasan plugin, atau uji coba 30 hari dengan Tracktion T7. Antarmuka satu jendela yang bersih dan mudah digunakan untuk membungkus kepala Anda, sambil tetap mengemas banyak fitur berbeda.

Anda dapat menggunakan Tracktion T7 untuk mengedit audio, menulis MIDI, menambahkan efek, dan mengotomatiskan berbagai parameter instrumen. Ini memberi Anda semua yang Anda butuhkan untuk mulai membuat musik.

Tracktion T7 berfungsi di Windows, macOS, dan Linux. Jika Anda terbiasa dengan perangkat lunak gratis, Anda selalu dapat memutakhirkan ke Tracktion Waveform. Ini bahkan memiliki lebih banyak fitur, termasuk Groove Doctor, Subtractive Synthesizer, dan Celemony Melodyne Essential.

Daftarkan akun gratis di situs web Tracktion untuk mengunduh Tracktion T7 ke komputer Anda.

PALING VIRAL  8 Situs Jurnal Akses Terbuka Terbaik untuk Siswa

Cakewalk oleh BandLab

Sama seperti Tracktion T7, Cakewalk SONAR dulu adalah perangkat lunak berbayar yang sekarang bisa Anda dapatkan secara gratis. Semuanya berkat BandLab yang membeli Cakewalk pada tahun 2018.

Berganti nama menjadi Cakewalk oleh BandLab, perangkat lunak membuat musik gratis ini mendapat manfaat dari lebih dari 30 tahun pengembangan. Ini adalah opsi kuat lain yang dapat Anda gunakan untuk menulis, merekam, mengedit, mencampur, menguasai, dan berbagi musik Anda.

Tambahkan trek audio atau MIDI tanpa batas menggunakan antarmuka pengguna yang memenangkan penghargaan. Kemudian manfaatkan instrumen perangkat lunak VST3 Cakewalk dan efek berkualitas studio, seperti konvolusi reverb dan kompresi dinamis.

Cakewalk by BandLab hanya tersedia untuk pengguna Windows. Ini kompatibel dengan Windows 7 dan yang lebih baru, selama komputer Anda berjalan pada arsitektur 64-bit. BandLab merekomendasikan Anda menggunakan komputer dengan setidaknya prosesor Intel multi-core dan 4GB RAM.

Untuk mendapatkannya, Anda harus mendaftar dan menginstal BandLab terlebih dahulu. Kemudian Anda dapat memilih paket instrumen dan efek untuk diunduh dengan Cakewalk SONAR menggunakan aplikasi Bandlab.

Unduh: Cakewalk oleh BandLab untuk Windows

Temukan Perangkat Lunak Produksi Musik Gratis Untuk Anda

Daftar ini hanya puncak gunung es. Ada banyak sekali software pembuatan musik gratis di luar sana. Meneliti dan membaca tentang pengalaman orang lain dengannya dapat membantu, tetapi cara terbaik untuk menemukan opsi favorit Anda adalah dengan mencoba beberapa dari mereka.

Saat Anda siap untuk pindah ke tingkat berikutnya, Anda mungkin akan melihat perbedaan yang lebih besar dengan membeli komputer yang lebih baik untuk produksi musik daripada meningkatkan perangkat lunak Anda lihatlah 8 Komputer Terbaik Untuk Produksi Musik. Terutama karena begitu banyak opsi dalam daftar ini menawarkan semua yang Anda butuhkan.