Tidak Dapat Melihat File dan Folder di Flashdisk Anda di Windows? Inilah Cara Memperbaikinya

Jika file Anda di Flashdisk Anda hilang, mungkin ada berbagai alasan mengapa. Coba trik ini sebelum menyerah pada data Anda.

Meskipun biasanya periferal kompleks yang memunculkan pesan kesalahan, bahkan perangkat sederhana seperti drive USB terkadang dapat mengalami malfungsi. 

Kasus yang paling umum adalah ketika file atau folder hilang begitu saja. Ini bisa terjadi karena virus menghapus atau mengubah data, drive rusak, atau file disembunyikan, di antara alasan lainnya.

Jika ini terjadi pada Anda, panduan kami akan membantu Anda memperbaikinya dengan cepat.

Periksa Apakah File Tersembunyi

Mungkin Anda tidak dapat melihat file atau folder karena seseorang menyembunyikannya. Untuk memperbaikinya, buka pita View di File Explorer dan centang opsi Hidden items

PALING VIRAL  Cara Mengatasi Startup Lambat di Windows 11

Jika Anda masih tidak dapat melihat file dan folder Anda setelah mencentang kotak ini, itu berarti ada masalah yang sedikit lebih rumit.

Hubungkan Stik USB Flashdisk ke PC Lain

Jika file tidak muncul saat mencolokkan USB ke satu komputer, coba sambungkan ke perangkat lain. Jika Anda masih tidak dapat melihat file di perangkat lain, berarti ada yang salah dengan USB. 

Jika file terlihat di perangkat lain, Anda harus melihat pengaturan komputer Anda dan menggunakan beberapa alat pemecahan masalah Windows untuk mencari tahu mengapa data Anda tidak ditampilkan.

Jalankan Hardware and Devices Troubleshooter

Terkadang, USB bisa rusak jika Anda sering menghubungkan dan mencabutnya. Jika ini masalahnya, menjalankan Hardware and Devices Troubleshooter mungkin memperbaiki masalah. 

Berikut adalah bagaimana Anda dapat melakukannya dengan Command Prompt:

  • Buka Command Prompt dengan hak administratif. Anda dapat melakukan ini dengan mencari “command prompt” di menu Start, klik kanan hasilnya, dan pilih Run as Administrator.
  • Ketik msdt.exe -id DeviceDiagnostic.
  • Tekan Enter. Ini akan memunculkan jendela Hardware and Devices.
  • Klik Advanced dan centang opsi Apply repairs automatically.
  • Klik Next untuk memulai proses pemecahan masalah.
PALING VIRAL  10 Aplikasi Natal Yang Menghibur Untuk Anak Di Musim Liburan Ini

Perbarui Driver USB Flashdisk Anda

Jika ada driver yang kedaluwarsa atau rusak, itu bisa menghentikan komputer Anda menampilkan file dan folder di USB Anda. 

Jika Anda ingin Windows mencari dan menginstal driver yang cocok dengan sistem Anda, cara termudah adalah menggunakan Device Manager.

  • Klik kanan Start dan pilih Device Manager.
  • Perluas daftar Universal Serial Bus controllers.
  • Klik kanan perangkat USB yang bermasalah dan pilih Properties.
  • Buka tab Driver dan pilih Update Driver.

Jika Windows gagal menemukan driver untuk stik USB Anda, atau mengklaim bahwa yang terbaru telah diinstal, coba lakukan pencarian untuk pabrikan USB Anda dan lihat apakah ada driver di situs webnya. Terkadang Windows gagal mengambil driver pihak ketiga dan Anda harus melakukan proses pembaruan secara manual.

PALING VIRAL  7 Langkah Mudah Cara Membuat Video TikTok

Jalankan Alat CHKDSK

Jika tidak ada solusi yang disebutkan yang membantu Anda memperbaiki masalah, Anda dapat mencoba menggunakan baris perintah CHKDSK. 

Alat CHKDSK memindai drive disk eksternal atau internal untuk mencari kesalahan dan mencoba memperbaikinya, dan telah menjadi alat pemecahan masalah Windows yang disukai selama bertahun-tahun.

Untuk menjalankan CHKDSK, buka Command Prompt dengan hak administratif dan ketik chkdsk <DiskLetter:> /f /r. Kemudian, tekan Enter untuk memulai pemindaian.

Dapatkan Kembali Data Anda

Mudah-mudahan, satu atau lebih solusi membantu Anda memperbaiki masalah. Jika Anda masih tidak dapat melihat file atau folder Anda dan tidak ada cara untuk memulihkan data Anda, mungkin sudah saatnya Anda mendapatkan USB baru atau beralih menggunakan layanan penyimpanan cloud.