Trading Saham: Bagaimana Memulai, Bagaimana Bertahan

Perdagangan saham adalah bentuk investasi yang mengutamakan keuntungan jangka pendek daripada keuntungan jangka panjang. Bisa berisiko untuk menyelam tanpa pengetahuan yang tepat.

Tidak semua orang yang membeli dan menjual saham adalah pedagang saham, setidaknya dalam bahasa yang bernuansa istilah investasi. Bergantung pada seberapa sering mereka membeli dan menjual saham, sebagian besar jatuh ke salah satu dari dua kubu: pedagang atau investor.

Karikatur pedagang adalah Wall Streeter hiruk pikuk di depan monitor dan ticker bergulir, membeli dan menjual sepanjang hari. Investor, di sisi lain, biasanya di dalamnya untuk jangka panjang, membeli secara berkala dan menjual lebih jarang – atau tidak sama sekali, setidaknya sampai pensiun.

Namun, perdagangan saham tidak selalu seperti yang Anda lihat di lantai Bursa Efek New York, dan Anda dapat memulainya dari kenyamanan sofa Anda. Tapi sebaiknya Anda tahu apa yang Anda lakukan sebelum melakukan perdagangan pertama Anda.

Apa itu trading saham?

Pedagang saham membeli dan menjual saham untuk memanfaatkan fluktuasi harga harian. Pedagang jangka pendek ini bertaruh bahwa mereka dapat menghasilkan beberapa dolar dalam beberapa menit, jam, hari atau bulan berikutnya, daripada membeli saham di perusahaan blue-chip untuk disimpan selama bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun.

Ada dua jenis utama perdagangan saham:

Perdagangan aktif adalah apa yang dilakukan investor yang menempatkan 10 atau lebih perdagangan per bulan. Biasanya, mereka menggunakan strategi yang sangat bergantung pada waktu pasar, mencoba mengambil keuntungan dari peristiwa jangka pendek (di tingkat perusahaan atau berdasarkan fluktuasi pasar) untuk menghasilkan keuntungan dalam beberapa minggu atau bulan mendatang.

Perdagangan harian adalah strategi yang digunakan oleh investor yang bermain kentang panas dengan saham — membeli, menjual, dan menutup posisi mereka dari saham yang sama dalam satu hari perdagangan, tidak terlalu peduli dengan cara kerja bisnis yang mendasarinya. (Posisi mengacu pada jumlah saham atau dana tertentu yang Anda miliki.) Tujuan day trader adalah menghasilkan beberapa dolar dalam beberapa menit, jam, atau hari berikutnya berdasarkan fluktuasi harga harian.

Cara trading saham

Jika Anda mencoba perdagangan saham untuk pertama kalinya, ketahuilah bahwa sebagian besar investor paling baik dilayani dengan menjaga hal-hal sederhana dan berinvestasi dalam campuran beragam dana indeks berbiaya rendah untuk dicapai — dan ini adalah kuncinya — kinerja jangka panjang.

PALING VIRAL  Kenali Perbedaan Saham dan Obligasi agar Investasimu Lebih Optimal

Yang mengatakan, logistik perdagangan saham turun ke enam langkah:

  • Buka rekening pialang

Perdagangan saham memerlukan dana rekening pialang — jenis rekening khusus yang dirancang untuk menahan investasi. Jika Anda belum memiliki akun, Anda dapat membukanya dengan broker online dalam beberapa menit. Tapi jangan khawatir, membuka rekening tidak berarti Anda menginvestasikan uang Anda. Itu hanya memberi Anda pilihan untuk melakukannya setelah Anda siap.

  • Tetapkan anggaran perdagangan saham

Bahkan jika Anda menemukan bakat untuk berdagang saham, mengalokasikan lebih dari 10% portofolio Anda ke saham individual dapat membuat tabungan Anda terlalu banyak volatilitas. Tapi ini bukan satu-satunya aturan untuk mengelola risiko. Hal lain yang harus dan tidak boleh dilakukan termasuk:

  • Investasikan hanya jumlah uang yang Anda mampu untuk kehilangan
  • Jangan gunakan uang yang diperuntukkan untuk pengeluaran jangka pendek yang harus dibayar seperti uang muka atau uang sekolah.
  • Turunkan 10% itu jika Anda belum memiliki dana darurat yang sehat dan 10% hingga 15% dari pendapatan Anda disalurkan ke rekening tabungan pensiun.
  • Belajar menggunakan market order dan limit order

Setelah Anda memiliki akun broker dan anggaran, Anda dapat menggunakan situs web broker online Anda atau platform trading untuk menempatkan perdagangan saham Anda. Anda akan disajikan dengan beberapa opsi untuk jenis pesanan, yang menentukan bagaimana perdagangan Anda berjalan. Kami membahas ini secara rinci dalam panduan kami tentang cara membeli saham, tetapi ini adalah dua jenis yang paling umum:

  • Market order: Membeli atau menjual saham ASAP dengan harga terbaik yang tersedia.
  • Limit order: Membeli atau menjual saham hanya pada atau lebih baik dari harga tertentu yang Anda tetapkan. Untuk pesanan beli, harga batas akan menjadi harga tertinggi yang bersedia Anda bayar dan pesanan akan berjalan hanya jika harga saham turun ke atau di bawah jumlah tersebut.
  • Berlatih dengan akun perdagangan virtual
PALING VIRAL  6 Tips Beli Saham yang Baik dan Benar untuk Investor Pemula

Tidak ada yang lebih baik daripada pengalaman langsung dan tekanan rendah, yang dapat diperoleh investor melalui alat perdagangan virtual yang ditawarkan oleh banyak pialang saham online. Perdagangan kertas memungkinkan pelanggan menguji ketajaman perdagangan mereka dan membangun rekam jejak sebelum mempertaruhkan dolar nyata.

Beberapa broker yang kami ulas menawarkan perdagangan virtual, termasuk TD Ameritrade dan Interactive Brokers.

  • Ukur pengembalian Anda dengan tolak ukur yang tepat

Ini adalah saran penting untuk semua jenis investor — bukan hanya investor aktif. Tujuan bottom-line untuk memilih saham adalah untuk berada di depan indeks benchmark. Itu bisa berupa indeks Standard & Poor’s 500 (sering digunakan sebagai proxy untuk “pasar”), indeks komposit Nasdaq (untuk mereka yang berinvestasi terutama di saham teknologi) atau indeks lain yang lebih kecil yang terdiri dari perusahaan berdasarkan ukuran, industri dan geografi.

Mengukur hasil adalah kuncinya, dan jika investor yang serius tidak dapat mengungguli benchmark (sesuatu yang bahkan sulit dilakukan oleh investor pro), maka masuk akal secara finansial untuk berinvestasi dalam reksa dana indeks berbiaya rendah atau ETF — pada dasarnya sekeranjang saham yang kinerjanya sangat selaras dengan salah satu indeks benchmark.

  • Pertahankan perspektif Anda

Menjadi investor yang sukses tidak perlu menemukan breakout stock hebat berikutnya sebelum orang lain. Pada saat Anda mendengar bahwa saham XYZ siap untuk pop, jadi miliki ribuan pedagang profesional dan potensinya kemungkinan telah diperhitungkan ke dalam saham. Mungkin sudah terlambat untuk menghasilkan keuntungan cepat, tetapi itu tidak berarti Anda terlambat ke pesta. Investasi yang benar-benar hebat terus memberikan nilai bagi pemegang saham selama bertahun-tahun, yang merupakan argumen bagus untuk memperlakukan investasi aktif sebagai hobi dan bukan Salam Maria untuk kekayaan cepat.

Bagaimana bertahan dalam perdagangan saham

Di mana pun Anda berada dalam spektrum investor-pedagang, empat tip tentang cara berdagang saham ini dapat membantu memastikan Anda melakukannya dengan aman.

  • Turunkan risiko dengan membangun posisi secara bertahap.

Tidak perlu melakukan tembakan meriam ke ujung yang dalam dengan posisi apa pun. Meluangkan waktu Anda untuk membeli (melalui rata-rata biaya dolar atau membeli dalam pertiga) membantu mengurangi eksposur investor terhadap volatilitas harga.

  • Abaikan ‘tips panas’
PALING VIRAL  Jenis-jenis Saham yang Bisa Dipilih Investor Pemula

WallStreetHotShot4721 di forum EZMillion$Trade dan orang-orang yang membayar iklan bersponsor yang menggembar-gemborkan saham pasti bukanlah teman, mentor, atau guru Wall Street yang bonafid. Dalam banyak kasus, mereka adalah bagian dari raket pump-and-dump di mana orang-orang yang teduh membeli ember saham di perusahaan yang kurang dikenal dan diperdagangkan tipis (seringkali saham sen) dan membuka internet untuk mempromosikannya.

Ketika investor tanpa disadari memuat saham dan menaikkan harga, para penjahat mengambil keuntungan mereka, membuang saham mereka dan mengirim saham itu kembali ke bumi. Jangan membantu mereka melapisi kantong mereka.

  • Simpan catatan yang baik untuk IRS

Jika Anda tidak menggunakan akun yang menikmati status pajak — seperti 401 (k) atau akun tempat kerja lainnya, atau Roth atau IRA tradisional — pajak atas keuntungan dan kerugian investasi bisa didapat rumit.

IRS menerapkan aturan dan tarif pajak yang berbeda dan memerlukan pengajuan formulir yang berbeda untuk berbagai jenis pedagang. Manfaat lain dari menyimpan catatan yang baik adalah bahwa investasi yang kalah dapat digunakan untuk mengimbangi pajak yang dibayarkan atas pendapatan melalui strategi yang rapi yang disebut pemanenan rugi-pajak.

  • Pilih broker Anda dengan bijak

Untuk trading saham Anda membutuhkan broker, tapi jangan jatuh cinta pada broker manapun. Pilih satu dengan persyaratan dan alat yang paling sesuai dengan gaya dan pengalaman investasi Anda. Prioritas yang lebih tinggi untuk pedagang aktif adalah komisi rendah dan eksekusi pesanan yang cepat untuk perdagangan yang sensitif terhadap waktu. Lihat pilihan kami untuk platform online terbaik bagi pedagang aktif/pedagang harian untuk mempelajari lebih lanjut.

Investor yang baru mengenal perdagangan harus mencari pialang yang dapat mengajari mereka alat perdagangan melalui artikel pendidikan, tutorial online, dan seminar langsung (lihat ringkasan NerdWallet untuk pialang terbaik untuk pemula). Fitur lain yang perlu dipertimbangkan adalah kualitas dan ketersediaan alat penyaringan dan analisis stok, peringatan saat bepergian, entri pesanan yang mudah, dan layanan pelanggan.

Leave a Reply