Yang Sebaiknya Dihindari Pemula Ketika Trading Saham

Trading saham saat ini sedang populer di kalangan masyarakat karena pandemi. Banyak yang penasaran bagaimana melakukannya dan tergiur juga dengan keuntungan yang ditawarkannya.

Mengneal Trading Saham dan Keuntungannya

Trading merupakan kegiatan investasi saham yang dilakukan dalam jangka pendek. Bisa harian atau paling lama mingguan. Modal untuk melakukannya tidak perlu langsung besar, walaupun jika kamu punya modal yang lebih besar kemungkinan mendapatkan keuntungannya akan lebih besar lagi.

Keuntungannya didapatkan dari capital gain, yaitu selisih dari harga penjualan dan harga pembelian.Cara mainnya mungkin terlihat sederhana secara sekilas, yaitu membeli saham ketika harganya rendah, lalu menjualnya ketika harga sahamnya tinggi.

Namun, tentunya tidak semudah itu karena kamu tetap harus tahu bagaimana saham itu bekerja. Jika tidak, yang ada kamu malah rugi, rugi, dan rugi. Tentunya kamu tidak ingin mengalami kerugian yang besar. Menjadi trader saham memang susah susah gampang.

Mereka yang sukses menjadi trader atau trader profesional saja bisa jadi tidak terhindar dari kerugian. Kerugian adalah hal yang lumrah, tapi sebaiknya kamu juga perlu tahu risiko yang bisa kamu alami di trading saham agar nanti bisa melakukan persiapan.

Yang harus dipersiapkan di trading saham

Untuk melakukan trading saham kamu harus mengenal dulu bagaimana sistem yang berjalan di Indonesia terlebih dahulu. Jangan ragu untuk belajar pada ahlinya. Lalu, kamu juga harus rajin memantau pasar, apa yang terjadi hari ini, dan kabar apa yang kamu dapatkan tentang sebuah perusahaan.

PALING VIRAL  6 Tips Beli Saham yang Baik dan Benar untuk Investor Pemula

Lalu, kamu juga perlu belajar untuk membaca analisis teknikal dari saham karena ini adalah senjata utamamu untuk menyusun strategi dalam mencapai keuntungan. Intinya kamu harus sering memantau dan menyediakan waktu yang cukup untuk hal itu.

Kamu adalah pemula, mungkin kamu butuh waktu lebih untuk mengetahui semuanya, jadi lakukan saja tanpa harus terburu-buru karena yang kamu lakukan ada dikendalimu.

Yang harus dihindari ketika trading saham

Menjadi trader saham pemula mungkin kamu penasaran sehingga ini mencoba ini dan itu, tapi sebaiknya tetap memiliki strategi. Ada hal-hal yang perlu kamu hindari agar tidak boncos diawal karena kalau sudah begini nanti kamu tidak punya semangat untuk bangkit lagi, padahal keuntungan saja belum ada kamu dapatkan.

Menjadi trader saham memang ada risikonya tersendiri, yaitu harus siap kehilangan modal, tapi kamu pun wajib melakukan pencegahan agar uangmu tidak hilang semuanya. Intinya mengelola risiko dari berinvestasi pun harus kamu ketahui bagaimana caranya.

Selain itu ada hal-hal yang sebaiknya kamu hindari sebagai pemain pemula karena ilmu yang belum cukup. Di bawah ini adalah hal yang sebaiknya kamu hindari dalam trading saham.

PALING VIRAL  Robot Trading Saham yang Perlu Kamu Tahu

1. Tidak mau belajar

Tidak
mau belajar terlebih dahulu sebelum memasuki pasar modal adalah sesuatu yang
salah. Belajar adalah hal yang sangat sangat perlu kamu lakukan. Kamu bisa saja
melakukannya sembari praktek, jadi belajar dan praktik secara bersamaan.

Namun, tidak ada salahnya kamu membaca buku yang berkaitan dengan saham, ikut workshop atau seminar tentang saham, dan bertanya pada orang yang ahli. Belajar ini tidak perlu dilakukan di tempat yang mahal.

2. Tidak mau tahu tentang analisis teknikal saham

Tidak mau tahu dan enggan menelaah analisis teknikal saham adalah kesalahan besar. Di atas sudah disebutkan bahwa analisis teknikal saham adalah senjata utamamu ketika menjadi trader saham.

Tanpa melakukannya, kamu tidak akan bisa memprediksi atau membuat keputusan apa yang harus kamu lakukan terhadap suatu saham. Keputusanmu dalam membeli dan menjual sangat ditentukan dengan analisis teknikal saham.

3. Ikut-ikutan orang tanpa melakukan analisis

Seperti
yang sudah kamu ketahui, sekarang investasi saham ini sangat terkenal. Ada
orang yang rajin merekomendasikan saham yang mereka beli di internet atau media
sosial. Kamu boleh saja mencari tahu tentang saham-saham itu, tapi jangan lupa
melakukan analisis teknikal.

Mereka hanya memberikan rekomendasi, ketika kamu mengalami kerugian mereka tidak akan bertanggung jawab soal itu. Oleh karena itu keputusan tetap ada di tanganmu. Kamu mungkin akan kebingungan memilih saham yang ingin dibeli dan yang banyak itu. Kamu bisa memeriksanya di indeks saham LQ45 dan daftar lainnya yang dibuat oleh Bursa Efek Indonesia.

PALING VIRAL  Perbedaan Saham dan Obligasi Dalam Investasi

4. Meminjam uang untuk menjadi trader saham

Sebaiknya uang untuk masuk ke pasar modal berasal dari modal milikmu sendiri tanpa pinjaman. Banyak yang kebingungan ketika uang hasil pinjaman itu diinvestasikan, tapi hasilnya malah boncos. Akhirnya mereka mengeluh bahwa mereka kebingungan bagaimana bisa mengembalikan uang yang merugi itu karena merupakan hasil dari pinjaman.

Untuk itulah tidak masalah memulai menjadi trader saham dari modal yang sangat minim. Nanti kamu akan bisa menambahnya seiring dengan waktu.

5. Main saham gorengan

Saham
gorengan adalah saham yang biasanya harga awalnya rendah, kemudian tinggi
sekali, dan pada akhirnya kembali rendah sampai jatuh ke titik paling rendah.
Beberapa dari mereka main saham gorengan karena katanya bisa menghasilkan
keuntungan yang besar. Kamu yang pemula sebaiknya tidak membeli saham gorengan
karena kamu tidak ahli dalam melakukannya.

Jika malah nekat, kamu akan mengalami kerugian yang sangat besar. Mencari keuntungan pada saham gorengan bukan hal yang dianjurkan. Itulah yang kamu harus hindari ketika baru pertama kali menjadi trader saham.

Leave a Reply